Cara Setting BIOS Pada Windows 10, 8, 7, XP

SEPWAL | Memasuki pengaturan BIOS komputer dengan Windows yang diinstal dalam banyak kasus sangat berguna jika kita ingin melakukan format atau kita ingin memperbaiki file sistem operasi yang korup. Hari ini kita melihat bagaimana memasuki layar BIOS dan mengatur drive boot yang memungkinkan kita untuk memformat PC dan menginstal ulang Windows.

Pertama-tama, harus dikatakan bahwa pada PC yang lebih tua ada BIOS yang memungkinkan kita untuk mengatur parameter perangkat keras tertentu dari mesin, sementara pada PC yang lebih baru dengan sudah menginstal Windows 8 dan Windows 10 selalu mungkin untuk menemukan BIOS tetapi di bawah Nama UEFI yang tidak seperti yang pertama memungkinkan kita untuk bergerak juga dengan kursor mouse dan tidak hanya dengan tombol panah dari keyboard.


Namun, kedua prosedur untuk memasukkan BIOS atau UEFI Boot adalah operasi sederhana.

Mengakses BIOS komputer (Pengaturan lanjutan mulai)
Hal pertama yang dapat Anda coba lakukan adalah me-reboot PC Anda atau menyalakannya jika sudah mati dan segera setelah Anda melihat layar pertama yang tersedia mulai menekan tombol F2, F10 atau Del sehingga Anda dapat melihat layar yang sama.

Berkat panah arah, kita dapat bergerak di berbagai menu di mana yang menjadi minat kita adalah Advanced-> Boot di mana kita dapat secara langsung mengkonfigurasi disk di mana menemukan sistem operasi yang akan diinstal. Sebagai contoh jika Anda memiliki Windows 10 CD Anda harus memilih CD / DVD ROM Drive, sedangkan jika Anda memilikinya pada ISO stick Anda harus memilih USB Diskette.

Setelah Anda memilih unit untuk memulai, simpan saja dengan F10 dan hidupkan kembali PC sehingga unit yang ingin Anda instal Windows dikenali dan lanjutkan dengan instruksi di layar.

Cara mengakses Boot UEFI dari PC terbaru

Jika operasi baru saja dilaporkan tidak berhasil, mungkin PC Anda cukup baru untuk memiliki UEFI Boot yang selalu merupakan BIOS, tetapi dengan nama lain.

Inilah yang perlu Anda lakukan untuk masuk ke BIOS dan pergi untuk mengatur Boot atau pengaturan lain yang Anda bisa atur :

1. Di kolom pencarian tulis "Pengaturan" dan pilih hasil pengaturan PC

2. Di layar berikutnya klik Perbarui dan kembalikan di menu yang muncul di sebelah kiri

3. Sekarang pilih Mulai ulang sekarang di bawah item Mulai Lanjutan

4. Di layar berikutnya Anda harus memilih Troubleshoot -> Advanced options -> Change Settings Windows Start dan Restart

5. Seperti yang kita lihat di atas, Anda sekarang akan siap untuk mengakses pengaturan BIOS dengan berpindah ke menu Boot dan memilih drive di mana Anda menginstal Windows XP, 7, 8, 10 atau versi lainnya.

Selain dapat mengetahui cara mengakses BIOS atau UEFI, saya harap Anda juga memahami apa itu dan apa itu untuk dua layar Windows ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel