4 Tips Memilih Jurusan Kuliah Buat Kalian Yang Masih Bingung

SEPWAL - Beberapa mahasiswa merasa salah memilih jurusan saat mereka sudah masuk ke semester 4 ke atas. Mereka merasa bahwa apa yang mereka tekuni selama ini belum ada tanda – tanda berbuah manis untuk kedepannya. Sebenarnya ada banyak faktor, salah satunya faktor penyebab mereka merasa salah jurusan adalah karena mereka selama ini tidak bisa beradaptasi dengan minat yang baru.


Terus Bagaimana Cara Memilih Jurusan Yang Tepat ?
ini kadang membuat kita Merasa Galau, Jurusan Apa sih sebenarnya yang cocok buat kita ..?? pertanyaan-pertanyaan seperti itu akan muncul dalam diri kita, karena menentukan pilihan untuk masa depan bukanlah perkara yang sangat mudah karena kita yang memegang peranan penting untuk kehidupan di masa yang akan datang, apa lagi buat kalian yang berniat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi kedepannya.

Bagi sobat yang baru saja menyelesaikan pendidikan di jenjang SMA, pikirkan kembali untuk memilih jurusan yang sobat inginkan. Oleh karenanya admin memberikan sedikit ulasan tentang cara memilih jurusan agar tidak salah pilih jurusan,oke  berikut ini ada beberapa tips dalam memilih jurusan kuliah yang mungkin bisa jadi bahan acuan dalam memilih jurusan.

1. Jangan Modal Ikut – ikutan
 Jangan Modal Ikut – ikutan Nah, jangan sampai sobat memilih jurusan kuliah ini, karena teman -Teman yang lain juga masuk ke jurusan tersebut. Ini mungkin salah satu penyebab mengapa mahasiswa merasa salah masuk jurusan. Jika sobat hanya ikut – ikutan, akan jadi apa nantinya?
Kalau hanya untuk memperoleh pekerjaan mungkin mudah kali ya, tapi pekerja yang memiliki skill yang mumpuni? Gimana..... Jadi Jangan pernah memili Jurusan cuma karena ikut-ikutan sama teman, pacar atau apapun istilahnya.

2. Minat Sejak Masih Sekolah
Pilihlah jurusan yang masih ada hubungannya dengan minat kita sejak masih sekolah dulu. Misal, sobat dulunya minat dan paham akan seluk beluk tentang akuntansi, sobat bisa cari jurusan yang tidak jauh dari minat sobat tersebut. Mungkin juga yang dulunya sekolah TKJ (teknik komputer dan jaringan), mungkin sobat bisa mencari jurusan teknik informatika atau yang tidak jauh dari minat sobat.

3. Punya Skill
Untuk masuk ke jurusan yang kita inginkan, minimal kita punya skill tentang jurusan yang akan kita ambil dan yang di tekuni. Mengapa demikian, agar saat kita sudah masuk ke jurusan tersebut kita tidak memulai dari awal lagi.So ini Menurut pengalaman saya saat duduk di bangku perkuliahan, karena bakat dan kemampuan sudah ada yah tinggal di lanjutkan saja, dan tidak susah lagi beradaptasi dengan Mata Kuliah Yang akan dipelajari,  Tentunya ini bisa menjadi penyemangat saat sudah masuk ke semester-semester yang lebih tinggi.

4. Punya Target
Ya Kita juga harus punya target buat kedepannya mau seperti apa kita, Jadi Sobat sekalian harus bisa menebak – nebak, pekerjaan apa yang akan sobat inginkan di masa mendatang yang sesuai dengan bakat atau skill yang sobat miliki. Contohnya ingin menjadi pegawai bank, mungkin sobat bisa mengambil jurusan akuntansi dan perbankan. atau ingin  Ingin Menjadi Ahli IT ya tentunya sobat harus mengambil jurusaln Ilmu Komputer atau Teknik Informatika dan lain-lainnya sebagainya.

Memang Si ga ada yang tau akan seperti apa kita nantinya dan  jadi apa kita kedepannya, tapi apa salahnya mendalami ilmu yang sangat kita minati saat ini sebagai bekal untuk masa yang akan datang.

Baca : Pengalaman Mencari Uang Melalui Internet (Online)
           Memulai Bisnis Makanan Bagi Mahasiswa

Bagi sobat yang masih bingung, mungkin beberapa tips di atas bisa sedikit memberikan solusi. Yang pada intinya, kita tidak bisa hanya bermodal ikut – ikutan saja untuk meraih sesuatu yang besar. perlu sobat ingat bahwa memilih jurusan hanya karena ikut-ikutan akan membuat kenyamanan dan semangat sobat hilang untuk kuliah, jadi sebelumnya kalian harus memilih kata hati dan sesuai dengan bakat dan kemampuan yang sobat miliki,  Cukup Sekian Tulisan kali ini yang Membahas tentang 4 Tips Memilih Jurusan Kuliah Buat Kalian Yang Masih Bingung,Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat semua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel