Apakah Teknologi Berbahaya untuk Manusia?

Jika berbahaya, kenapa teknologi sekarang begitu dibutuhkan manusia. Bahkan dalam keseharian hidup kita, teknologi tidak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari. Setiap detik, menit, jam, dan hari.

Jadi, jawaban jika teknologi berbahaya untuk manusia, adalah tidak! Melihat kenyataan bahwa manusia begitu mencintainya karena tidak bisa hidup tanpanya.

Tapi jika mengingat peristiwa bertahun-tahun lalu, di mana kejadian bom atom yang menghancurkan negara Jepang, membunuh warganya, dan menyisakan warga yang hidup namun hidupnya tampak lebih menderita dibanding orang yang mati, apakah itu bisa dikatakan dengan tidak berbahaya?

Jika dikatakan tidak berbahaya, itu jelas salah juga.
Buktinya bom atom yang berkekuatan nuklir membuat sejumlah orang dalam jumlah besar kehilangan nyawa, tempat tinggal, dan masa depan.

Jadi jawaban yang tepat adalah, teknologi tidak berbahaya, jika digunakan dengan baik.
Contohnya saja nuklir yang digunakan pada pembuatan bom atom, sekarang digunakan oleh seluruh umat manusia untuk menernagi kehidupan mereka.

Nuklir yang dulu membunuh baratus ribu orang kini digunakan sejuta umat untuk kehidupan sehari-harinya. Nuklir yang membunuh mereka dulu, kini menghidupkan mereka.
Membuat kehidupan menjadi lebih mudah.

Apapun itu, semua akan baik jika tujuannya baik.

Namun ada juga beberapa teknologi yang memberikan dampak buruk pada manusia meski digunakan dengan cara yang baik. Dampak tersebut menimpa dirinya sendiri memang. Bukan orang lain.
Ini bukan masalah niat baik dari pemanfaatan teknologi, tapi kapasitas penggunaan teknologi tersebut.

Bagaimanapun juga, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Teknologi yang harusnya memberi manfaat malah memberikan ancaman bahaya sendiri pada orang-orang.

Contohnya seperti penggunaan ponsel pintar yang berlebihan. Hingga berdampak pada mata, kesehatan, dan lain sebagainya. Lewat radiasi, cahaya biru, dan jaringan tidak aman lainnya.

Lagi dan lagi, yang berlebihan itu tidak baik. Perkembangan teknologi yang pesat membuat hidup menjadi semakin dimudahkan. Semakin mudah kehidupan, mereka malah menjadi hidup dengan malas. Orang-orang menjadi begitu bergantung pada teknologi.
Jangan sampai teknologi membuat mereka tak bisa hidup. Apalagi teknologi yang mengatur hidup mereka.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel