Ini Dia 6 Cara Bangun Pagi Ala Dr. Nerina Ramlakhan

Musim liburan akhir tahun dan pergantian tahun pastinya banyak yang malas-malasan. Nah, hati-hati kalau jadi kebiasaan.

Salah-salah sudah masuk hari kerja masih suka bangun kesiangan. Atau malah memang sudah jadi tukang kesiangan? Namun jangan khawatir, kali ini kami bagikan tips cara bangun pagi yang pasti manjur.



Tips ini dikutip dari ahli fisiologi dan ahli terapi tidur bernama Dr. Nerina Ramlakhan. Jadi bisa dipastikan keampuhannya. Berikut ulasannya ...

1.    Siapkan Semuanya Sejak Malam
Untuk memulai kembali kebiasaan bangun pagi, persiapkan semuanya dari malam hari. Hal ini membuat kita saat terbangun langsung ingat bahwa pagi ini harus mulai lagi beraktivitas. Bahkan dokter ini meletakkan laptopnya di lokasi yang ia gunakan bekerja esok harinya.

2.    Yakinkan Diri Bahwa Bisa Bangun Pagi
Bagi Anda yang terlanjur punya kebiasaan bangun kesiangan harus memulai semuanya dari sugesti positif. Menurut bu dokter ini, sugesti diri punya kekuatan besar. Jadi mulailah optimis dan mensugesti diri Anda bahwa bisa bangun lebih pagi.

3.    Beri Pencahayaan ke Kamar Tidur
Tips cara bangun pagi selanjutnya adalah dengan membiarkan sinar matahari masuk ke kamar. Sinar matahari yang cukup masuk ke kamar akan mengatur kembali ritme sirkadian.

Yaitu proses biologis yang menunjukkan adanya osilasi endogen. Ritme ini selalu berulang setiap 24 jam. Dr. Ramlakhan menganjutkan kita untuk membiarkan sebagian tirai terbuka agar sinar matahari pagi bisa masuk ke dalam kamar.

4.    Jangan Tidur di Dekat Gawai
Alat elektronik semisal ponsel dan komputer jinjing hendaklah dijauhkan dari tempat Anda. Atau matikan saja setidaknya 30-45 menit menjelang tidur. Hal ini penting untuk mengurangi rasa gelisah di otak sekaligus mencegah masuknya berbagai informasi yang membuat otak gelisah.

5.    Terapkan Pola makan sehat
Jauhi kebiasaan mengonsumsi alkohol dan kafein, apalagi menjelang tidur. Kedua zat ini mengakibatkan kualitas tidur Anda berkurang sehingga bangun pagi pun terhambat.

Menurut Dr. Ramlakhan kafein dari semisal kopi yang diminum pada pukul 18.00 saja masih akan berefek hingga pukul 23.00 atau sekitar 5 jam. Terapkan juga kebiasaan untuk minum air begitu terbangun. Ini sangat baik untuk menghidrasi sel otak sehingga Anda akan bangun dengan berenergi.

6.     Tetap Optimistis Menghadapi Hari Esok
Pastikan bahwa hari esok adalah hari di mana Anda memiliki sesuautu yang ditunggu-tunggu. Mungkin sesekali kita mengalami kelesuan dan tidak semangat.

Namun hal itu harus segera kita hilangkan kalau ingin semangat bangun pagi. Jadi optomislah dengan harapan Anda. Nah, bagaimana? Sudah siap menjalani cara bangun pagi ala Dr. Ramlakhan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel