Tips Merawat Komputer Agar Tetap Awet Hingga Bertahun-Tahun


SEPWAL | Komputer merupakan alat yang sangat membantu manusia untuk mengerjakan pekerjaan baik pekerjaan ringan maupun berat apalagi teman-teman yang kerja sebagai pegawai, mahasiswa dan yang lainnya.

Tetapi banyak yang mengeluh kenapa komputer sering mengalami gangguan dan error setelah dipakai terus menerus padahal belinya satu tahun yang lalu.

Kebanyakan teman-teman menggunakan komputer secara maksimal tanpa henti,seperti saya biasa menggunakan laptop hamper 24 jam penuh tanpa henti,kemudian akan selalu menyalahkan produsen komputer tersebut apabila komputer rusak dan sering menganggap bahwa komputer tersebut adalah produk gagal, wkwkw itu sudah hal yang biasa.

Bisa dilihat bahwa kebanyakan masyarakat tidak sadar bahwa komputer yang cepat rusak itu bukanlah produk gagal tetapi penggunaan komputer yang salah dan tidak sesuai dengan karakter komputernya.

Contohnya Teman-teman membeli komputer dengan spesifikasi khusus pekerjaan rumah, tetapi kamu menggunakannya untuk kebutuhan gaming pastilah komputer tidak akan kuat dan performa menjadi menurun karena dipaksa untuk mengoptimalkan hardwarenya so spesifikasi sangat jauh berbeda.

Agar computer atau laptop teman-teman masih tetap awet meskipun digunakan selama bertahun-tahun lamanya, kalian bisa mempraktekkan beberapa tips di bawah ini yang akan saya ulas.

1.    Bersihkan CPU Komputer
Kamu bisa membersihkan CPU beserta bagian yang ada di dalamnya menggunakan tissu atau alat pembersih debu lainnya. Karena Dengan membersihkan CPU maka komputer akan merasa lebih cepat dan pastinya hardware akan tetap awet dan bisa menjalankan fungsinya sesuai program yang sudah di atur sebelumnya di dalam computer atau laptop teman-teman.

2.    Shutdown Komputer setiap 6 jam
Kamu harus menshutdown komputermu setiap 6 jam, kemudian biarkanlah selama 10 menit hingga komputer tidak dalam kondisi yang panas lagi, kemudian aktifkan kembali ketika teman-teman masih ingin menggunakannya lagi.

Cara seperti itu terbukti tetap menjaga komputer hingga bertahun-tahun karena apabila sering dilakukan, hardware di dalam CPU tidak akan over pemakaian.

3.    Gunakan pendingin CPU yang bagus
Jangan lupa untuk memasang pendingin CPU karena apabila kamu tidak memasangnya, CPU pada computer teman-teman akan panas dan bisa membuat komputer blank atau hang kemudian yang paling fatal adalah bisa menyebabkan kerusakan pada hardwarenya.

4.    Sisakan ruang harddisk internal
Menyisakan Ruang Hardisk Internal dengan cara menghapus semua file-file yang di anggap tidak penting, karena apabila harddisk internal penuh, biasanya komputer sering mengalami error dan bluescreen karena tidak ada lagi ruang penyimpanan yang kosong.

Dengan merawal komputer pastilah komputer akan awet hingga bertahun-tahun. Yang terpenting kita harus mengetahui spesifikasinya agar kita bisa menggunakannya sesuai kemampuan komputer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel